PENERAPAN TEKNOLOGI AQUAPONIK DITENGAH PANDEMI


sumber
(https://www.dekoruma.com/artikel/104316/cara-budidaya-aquaponik)

Indonesia kini sedang dilanda pandemi COVID – 19, World Health Orgaanization (WHO) juga telah menyatakan COVID – 19 sebagai pandemi global hanya dalam kurun waktu dua bulan. Pemerintah Indonesia juga mengambil tindakan tegas dengan melakukan kebijakan seperti social distancing (jaga jarak), menghindari kerumunan, hingga Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dari adanya kebijakan dari pemerintah tersebut, para pekerja banyak yang dirumahkan (Work From Home) bahkan juga banyak orang yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi ini, sehingga menyebabkan menurunnya kondisi ekonomi masyarakat yang terdampak, khususnya yang hidup di daerah perkotaan, dikarenakan maraknya perusahaan yang melakukan PHK massal akibat krisis ekonomi dan sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia, sehingga mendesak masyarakat untuk memutar otak dan membangun usaha sendiri agar terus dapat bertahan hidup.

Teknologi tepat guna merupakan teknologi yang dirancang untuk masyarakat tertentu, sehingga dapat disesuaikan dengan lingkungan, moral, budaya, masyarakat, politik dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan.Teknologi tepat guna harusnya menerapkan metode yang hemat sumber daya, mudah dirawat, dan berdampak polutif sekecil mungkin dibandingkan dengan teknologi arus utama yang pada umumnya beremisi banyak limbah dan mencemari lingkungan. Teknologi tepat guna seringkali didiskusikan dalam hubungannya adengan pembangunan ekonomi, apalagi ditengah pandemi seperti ini, teknologi tepat guna sangat diperlukan keberadaanya untuk menopang ekonomi, khususnya masyarakat yang terdampak,

Penerapan teknologi tepat guna juga merupakan salah satu dari implementasi bela negara yang sejatinya perlu digalakkan sejak dini. Mahasiswa yang memiliki peran sebagai “agent of change” atau agen perubahan memiliki peran besar untuk membangun dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan banyaknya penerapan teknologi tepat guna, masyarakat diharapkan mampu meningkatkan kualitas ekonomi Indonesia, dan membawa Indonesia ke kancah internasional, sehingga mampu menjunjung tinggi nilai bela negara.

Implementasi teknologi tepat guna dalam bela negara telah disampaikan dari acara seminar yang diadakan oleh UPN ‘Veteran’ Jawa Timur pada hari Rabu, 25 November 2020, dalam rangka peresmian gedung kuliah bersama, pameran virtual teknologi tepat guna dan dialog bela negara. Dalam seminar tersebut, telah menyadarkan banyak orang mengenai pentingnya bela negara yang merupakan kewajiban setiap warga negara dan bertujuan untuk, mempertahankan negara dari berbagai ancaman, melestarikan budaya, mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara.

Contoh implementasi teknologi tepat guna dalam bela negara ditengah situasi pandemi yaitu dengan membangun teknologi aquaponik di untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, aquaponik merupakan sistem budidaya ikan atau akuakultur dan tanaman yang dikelola bersamaan dalam sebuah ekosistem yang resirkulasi atau saling menguntungkan dan menggunakan bakteri alami untuk mengubah kotoran ikan dan juga sisa pakan ikan menjadi nutrisi tanaman. Dengan kata lain akuaponik adalah sistem dimana tanaman dan ikan bertumbuh bersama dalam satu ekosistem yang saling berputar, dengan menggabungkan kedua sistem, tersebut, terjadi daur ulang sehingga limbah dari sistem akuakultur merupakan input sistem hidroponik, sehingga tidak ada limbah yang terbuang kealam dan dapat dikatakan sistem akuaponik adalah sistem yang sangat ramah lingkungan,

Dengan membangun teknologi akuaponik masyarakat yang terdampak pandemi dapat memulai usaha memanen ikan sekaligus berbagai tanaman sayuran dari akuaponik tersebut, contohnya kita dapat menanam selada, cabai, bayam dan berbagai jenis tanaman lainnya. Sedangkan untuk ikan yang cocok untuk akuaponik bisa bermacam-macam, namun yang mudah dipanen dan mudah perawatannya adalah ikan lele, patin, gurami dan nila. Keuntungan yang didapat dari sistem akuaponik ini adalah.

  • ·         Dapat memaanen secara produktif baik tanaman maupun ikan sekaligus
  • ·         Tidak memerlukan tempat yang besar dan dapat diaplikasikan didalam ruangan maupun luar ruangan sehingga masyarakat dapat mengaplikasikan dengan mudah
  • ·         Meningkatkan permintaan pasar yang bertambah dan lahan pertanian yang semakin berkurang
  • ·         Hemat energy dan tenaga
  • ·         Mampu meningkatkan ekonomi penduduk lokal apabila dikelola dengan baik
  • ·         Tidak bergantung pada musim, sehingga dapat dipanen kapanpun selagi tanaman atau ikan sudah siap panen.

·         Media instalasi akuaponik dapat dilakukan selama bertahun-tahun, tidak perlu adanya pergantian secara berkala seperti penggunaan tanah.

Dari banyaknya keuntungan akuaponik diatas, teknologi tersebut diharapkan mampu membangun dan meningkatkan ekonomi pendudukan yang saat ini sedang dilanda krisis ekonomi akibat pandemi. Melihat dari banyaknya peminat pasar akuaponik dapat dijadikan potensi bisnis masyarakat yang saat ini tidak bekerja atau terdampak pandemic COVID – 19, modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar sehingga masyarakat dapat membangun teknologi akuaponik dengan mudah di pekarangan sendiri, hasil panen dapat hasil panen dari akuaponik tersebut dapat dijual atau bahkan dikonsumsi untuk kebutuhan sendiri.

Dengan penerapan akuaponik tersebut sudah menunjukkan implementasi kewajiban bela negara, seperti, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membantu mengembangkan sektor teknologi pertanian, meningkatkan kualitas ekonomi penduduk yang terdampak pandemi COVID – 19. Dan sudah menjadi tugas kita selaku penerus bangsa untuk mengembangkan berbagai potensi yang ada di Indonesia agar dapat membangun bangsa kearah yang lebih baik.

 

Akuaponik diharapkan dapat meningkatkan ekonomi di Indonesia, yang dinama hal tersebut berkaitan dengan implementasikan bela negara, degan teknologi tepat guna tersebut masyarakat dapat mengembangkan potensi bisnis yang ada, dan tugas kita sebagai penerus bangsa adalah menggunakan teknologi tepat guna semaksimal mungkin untuk membangun negeri kearah yang lebih baik dan menerapkan nilai – nilai bela negara dalam kehidupan sehari-hari.

Comments

Popular posts from this blog

PS3 Error Code List (Daftar kode Error PS3)

Buat Iklan Anda Di Blog Bintang31

Cara Latihan Aiming (Aim Practicing)

Ads

Ads